Financial

001-2345-626

Kelebihan dan Kekurangan Pinjam Uang Online yang Perlu Anda Ketahui

Dewasa ini meminjam uang bukanlah perkara yang sulit lagi. Banyak perbankan hingga lembaga keuangan lainnya berlomba-lomba menurunkan suku bunga untuk bisa memberikan kredit lunak pada masyarakat. Meski begitu, mereka tetap membutuhkan jaminan dan survey untuk bisa menyetujui permohonan pinjaman yang telah diajukan. Meski terlihat lebih mudah, namun tetap saja banyak juga yang mundur atau ditolak karena tak memiliki jaminan yang layak. Akan tetapi, kini ada juga pemberi pinjaman yang tak meminta jaminan berupa benda atau surat berharga, namun hanya data diri dan data penghasilan Anda. Cara ini bisa Anda dapatkan dari pinjam uang online yang kini menjamur sebagai aplikasi finansial smartphone.

Sudah banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memberikan pinjaman secara cepat dan jauh lebih mudah dibandingkan jasa perbankan dan lembaga keuangan lainnya. Sebagian besar aplikasi pinjaman uang online bahkan sudah mengantongi ijin dari OJK yang menjamin sistem dan melakukan pengawasan. Jenis penyedia jasa ini bisa menjadi solusi baru bagi mereka yang memiliki kebutuhan darurat dalam jumlah terbatas namun belum memiliki dana untuk memenuhinya. Jika Anda tertarik dengan aplikasi ini, sebelum menginstal salah satunya, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu plus minus dari penyedia jasa kredit online tersebut.

Berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki oleh sistem pinjaman secara online yang banyak di apresiasi masyarakat:

-Proses pengunggahan data yang cepat dan mudah.
-Proses survey yang cepat bahkan ada yang tanpa melakukan kontak sekalipun.
-Menjaga kerahasiaan karena tak melakukan survey secara langsung.
-Proses persetujuan lebih cepat yaitu dalam hitungan menit dan maksimal 2 hari kerja.
-Proses pembayaran bisa melalui transfer atm ataupun bayar di gerai mini market.
-Tanpa barang jaminan.

Meski terlihat lebih menyenangkan, namun tetap saja ada kekurangan yang harus Anda waspadai yaitu:

-Biaya atau bunga yang lebih besar dibandingkan perbankan.
-Durasi pinjaman yang pendek yaitu hanya dalam hitungan hari atau minggu saja.
-Besaran dana pinjaman sangat terbatas.

Kelebihan tersebut di atas memang masih wajar karena pinjaman online tidak meminta agunan yang menjadi penjamin pinjaman Anda.

Dari kelebihan dan kekurangan di atas, Anda bisa memilih apakah akan melakukan pinjam uang online ataukah menggunakan jasa pinjaman konvensional. Yang paling penting adalah menyesuaikan besaran kebutuhan Anda, kemampuan membayar dan apakah ada jaminan yang bisa diberikan ataukah tidak. Jika Anda tak memiliki jaminan apapun, maka pinjaman uang dengan sistem online ini bisa menjadi solusi Anda. Namun karena bunga yang lebih tinggi, hanya gunakan pada saat darurat atau betul-betul membutuhkannya saja dan hindari meminjam dari pinjaman online untuk kebutuhan konsumtif.

  • September 2018