Business

000-0587-630

Kenapa Manula Sering Buang Air Kecil

buang air kecil terus menerus adalah kondisi yang tidak nyaman yang dapat mempengaruhi baik pria maupun wanita. Kadang-kadang disebut kandung kemih terlalu aktif atau buang air kecil mendesak. Jika itu terjadi pada malam hari, itu disebut nocturia. Sering buang air kecil biasanya diobati dengan mengatasi penyebab yang mendasari.

Buang air kecil terus menerus atau incontinence bisa menjadi masalah utama, atau gejala masalah lain. Dapat menyebabkan rasa malu dan ketidaknyamanan di siang hari, dan masalah tidur di malam hari. Biasanya dapat dikelola, seringkali dengan berurusan dengan kondisi yang mendasarinya.
Sering buang air kecil dapat menyerang siapa saja. Namun, ini paling sering terjadi pada pria dan wanita di usia paruh baya atau lebih tua. Ini juga umum pada wanita hamil.

Ada sejumlah kondisi berbeda yang dapat menyebabkan sering buang air kecil. Penyebab paling sering sering buang air kecil bervariasi berdasarkan usia dan jenis kelamin. Mulai dari minor hingga serius. Penyebab-penyebab ini termasuk:

• Infeksi saluran kemih (ISK) : Ini adalah penyebab paling umum dari sering buang air kecil. Peradangan yang disebabkan oleh infeksi mengurangi kemampuan kandung kemih untuk menahan urin.

Diabetes : Sering buang air kecil bisa menjadi gejala diabetes Tipe 1 atau Tipe 2.

• Masalah prostat : Ini adalah penyebab utama sering buang air kecil pada pria. Prostat yang membesar dapat menghalangi aliran urin, menyebabkan kandung kemih menjadi teriritasi dan berkontraksi.

• Kehamilan : Sering buang air kecil adalah gejala tidak berbahaya dari sebagian besar kehamilan. Ketika rahim dan bayi tumbuh, mereka menempatkan tekanan pada kandung kemih, menyebabkan kebutuhan untuk buang air kecil.

• Sistitis interstisial : Kondisi yang menyebabkan nyeri panggul dan kandung kemih serta perasaan harus buang air kecil terus-menerus.

• Diuretik : Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kondisi lain seperti tekanan darah tinggi dapat menyebabkan sering buang air kecil karena kelebihan cairan memerah dari tubuh.

• Stroke : Stroke dapat merusak saraf di kandung kemih dan menyebabkan sering buang air kecil.

• Penggunaan alkohol atau kafein berlebihan .

• Kanker kandung kemih : Sering buang air kecil adalah gejala langka kanker kandung kemih. Gejala yang lebih umum adalah darah dalam urin.

• Tumor pelvic : Penyebab lain jarang buang air kecil.

• Sindrom kandung kemih terlalu aktif : Penyebab umum dari kebutuhan mendesak yang sering untuk buang air kecil.

• Terapi radiasi ke area panggul.

• Vaginitis : Peradangan vagina yang menyebabkan sering buang air kecil untuk wanita.

Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, Anda harus menemui dokter Anda.

Apa Saja Gejala Buang Air Kecil Terus Menerus?

Untungnya bagi penderita sering buang air kecil, gejalanya mudah terlihat. Jika Anda merasa perlu buang air kecil lebih dari 4 hingga 8 kali dalam sehari, ada kemungkinan besar Anda mengalami masalah dengan sering buang air kecil.

Sangat penting untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda adalah orang dewasa sehat normal (tidak hamil) dan buang air kecil lebih sering daripada 4 hingga 8 kali sehari. Buang air kecil terus menerus bisa jadi penyakit yang akut jika Anda tidak segera periksa ke dokter. Atau jika memang dibutuhkan, popok dewasa akan berguna bagi Anda yang kerap buang air kecil akibat gejala-gejala yang sebelumnya disebutkan.

  • October 2018