Latest News Feed

001-0000-071

Konsep Ramah Lingkungan oleh RAPP

April grup merupakan sebuah perusahaan yang berkembang menjadi sebuah kelompok usaha global yang mempekerjakan lebih dari 60.000 karyawan, dengan total aset lebih dari US$ 18 miliar serta jangkauan penjualan di seluruh dunia. Perusahaan yang dipimpin oleh seorang pengusaha terkenal dan sukses ini, didirikan sudah sejak lama, pada tahun 1973. Dalam hal ini, April grup selalu menerapkan prinsip 5C dan harus membawa kebaikan, yaitu bagi: Masyarakat (Community), Pelanggan (Costumer), Negara (Country), Iklim (Climate), dan Perusahaan (Company).
Anak perusahaan dari April grup (The Asia Pasific Resources International Holding’s Ltd), yang dinaungi oleh mereka, bernama PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP) yang merupakan suatu perusahaan atau industri besar yang memproduksi Pulp (bubur kertas) dan paper (kertas) dan merupakan suatu perusahaan terbesar di Asia Pasifik. Produk yang dikelola oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP) tersebut diekspor hingga 75 negara. Diantaranya adalah ada Negara-Negara dari Benua Asia, yaitu: Singapur, China, India, Jepang, Korea, Australia, di benua Eropa seperti Rusia, Turki, dan beberapa kawasan di Amerika, yaitu: USA, Mexico, Brazilia, dan beberapa negara lainnya termasuk kawasan Asia Pasifik dan Asia Timur. Produknya juga merupakan produk asli Indonesia ini adalah 100 persen produk dari bahan baku hingga produk dilakukan di Indonesia. Kualitas Paper One sendiri tidak perlu diragukan lagi. Kualitasnya tergolong kualitas yang tinggi, yang merupakan kertas serbaguna dengan kualitas prima.
Di samping itu, RAPP menerapkan konsep yang ramah lingkungan dan terbarukan dengan opticoncept M, yang mana bangunan pabrik tersebut di desain lebih ramping dari pabrik kertas pada umumnya. Peralatan yang digunakan dapat menghemat energi, yaitu sebesar 400 Kw/ton paper atau setara dengan penghematan Batubara sebesar 71 ribu ton per tahun. Di sisi lain juga, dengan teknologi (HI Digi) ini akan menghasilkan kertas yang dapat menghemat pengunaan pemakaian tinta sebesar 15 persen dibandingkan dengan mencetak menggunakan kertas biasa.
Selain itu juga, Paper One merupakan produk yang ramah lingkungan, kertas yang digunakan akan mudah terurai secara alami di dalam tanah dalam jangka waktu tak sebentar karena bahan kertas seluruhnya terbuat dari serat kayu. Ditambah lagi pada saat melakukan daur ulang, pada setiap proses produksi sehingga tidak menghasilkan limbah yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. Di sisi lain, dalam proses pembuatan kertas, akan membutuhkan lebih dari 1 pepohonan yang berada di hutan. Karena kebutuhan pohon yang dibutuhkan sangat besar, maka April grup selalu melakukan penanaman pohon di hutan dan seluruh proses penanaman hutan dilakukan sesuai dengan aturan standar yang berlaku secara internasional.
Dari hal ini juga kita ketahui konsep ramah lingkungan oleh RAPP.

sumber : https://www.wartaekonomi.co.id/read124644/rapp-kasih-reward-untuk-masyar...

  • 2 weeks ago