Kelapa Sawit Indonesia

002-8891-919

Pabrik Kelapa Sawit di Papua Berhenti Beroperasi

Manokwari, 24/9(Socialnumber) - Pabrik Pengolahan kelapa sawit PT Yongjing Investindo di Manokwari, Papua Barat, berhenti beroperasi karena diduga mengalami pailit dan tidak bisa kembali berproduksi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Pertanian dan Perkebunan Papua Barat, Yacob Fonataba di Manokwari Senin, mengatakan, pemerintah daerah belum bisa mengambil alih pengelolaan kelapa sawit yang membentang di wilayah Distrik Warmare, Prafi dan Masni tersebut.

"Perusahaan ini pailit, pabriknya memang sudah tidak lagi beroperasi. Meskipun demikian produksi kelapa sawitnya masih berjalan," kata Yacob.

Hasil panen kelapa sawit di perkebunan tersebut diolah ke pabrik milik PT Medco Hijau Selaras yang mengelola berkebunan sawit di wilayah Sidey.

Ia menjelaskan terkait keberlanjutan pengelolaan perkebunan kelapa sawit ini pemerintah Papua Barat masih menunggu putusan pengadilan. Perkara ini sedang ditangani Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Ini masalah perjanjian atau kontrak mengelolaan perkebunan. Itu kita tuntaskan dulu, pemerintah daerah belum bisa melakukan intervensi sebelum ada putusan hukum," kata dia lagi.

"Persoalan ini harus ada putusan yang jelas apakah perusahaan tersebut benar-benar pailit atau seperti apa. Kita masih menunggu," sebut Yacob menambahkan.

Perkebunan seluas 3.300 hektare ini sebelumnya dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara II. Sejak September 2014 perkebunan ini diambil alih oleh PT Yongjin Investindo. (KR-TYB).

  • 3 weeks ago