barang Elektronik

001-2345-626

Ulasan Seputar Jenis-jenis Mesin Bubut dan Penjelasannya

Dalam dunia industri dan manufaktur terdapat berbagai jenis mesin yang digunakan dalam kelancaran memproduksi sebuah barang. Misalnya saja keberadaan mesin bubut yang sangat dibutuhkan baik dalam industry kecil ataupun besar. walaupun memang harga mesin itu sendiri tidak murah, tetapi ada juga jasa yang menawarkan pelayanan jasa bubut. Jadi bila Anda mempunyai industri dalam ukuran masih kecil dan membutuhkan keberadaan mesin tersebut bisa menggunakan jasa terlebih dahulu. Tidak perlu mahal-mahal membeli dan bisa menghemat pengeluaran operasional industri Anda.

Secara sederhana mesin yang disebut bubut tersebut mempunyai cara kerja sebagai pemotong, sekilas sama seperti bor karena mesin tersebut bekerja secara memutar layaknya bor. Hasil potongan dari mesin itu sendiri beragam bisa digunakan dalam kebutuhan otomotif, kereta api, pesawat dan masih banyak lagi lainnya. jika dilihat dipasaran banyak sekali jenis mesin tersebut dan mempunyai cara kerja yang berbeda-beda. berikut ini ada beberapa contoh, diantaranya:

1. Centre lethe.
Jika Anda pernah bekerja pada sebuah pabrik manufaktur pasti tidak asing dengan jenis mesin satu ini karena sangat umum sekali digunakan. mempunyai poros dan berahang pada satu sisi yang berfungsi sebagai cengkram material. Untuk rahang ini menjadi sisi pusat dari sumbu dan sebagai pemutar dari mesin tersebut.

2. Sabuk.
Lalu ada jenis kedua yang mempunyai ciri pada bagian poros yang bekerja mempunyai keterikatakan pada sebuah sabuk. Kemudian putaran dan juga poros bergerak berputar pada sabuk yang melingkari pada bagian roda gigi. Nah, pada roda gigi itulah yang menjadi kunci dari pemotongan berbagai material yang dibutuhkan.

3. Vertical turning.
Kemudian ada jenis mesin yang disebut dengan vertical turning atau biasa juga disebut boring milling. Untuk jenis ini mempunyai cara kerja yang secara otomatis, jadi poros akan mencengkeram pada material lalu akan bekerja sesuai dengan settingan pada awalnya. Dalam hal ini memerlukan satu operator yang menjadi penentu bentuk akhir.

4. Facing lathe.
Dapat dikatakan mesin satu ini digunakan pada pekerjaan khusus yang membuat sebuah piringan. Cakram berada pada dasar dapat berupa plat yang berukuran besar, lalu proses pembubutan sendiri bekerja pada bagian dua sisi yang ada pada piringan tersebut.

5. Turret.
Selanjutnya ada mesin yang sering digunakan dalam sebuah industri massal, Anda tidak memerlukan banyak tenaga sebagai operatornya.

Jika dilihat sebenarnya masih ada beberapa jenis mesin lagi yang dijual umum dipasaran, dari kegunaan dan prinsip kerja yang berbeda jadi Anda bisa menyesuaikan sendiri. Untuk harga sebenarnya relative, karena sebuah mesin bubut mempunyai kemampuan yang cukup baik jadi tidak heran jika memang lebih mahal dari pada jenis mesin lainnya. pada dasarnya teknologi yang semakin memudahkan pekerjaan para masyarakat pasti mempunyai nilai yang cukup tinggi.

  • February 2018